PENINGKATAN KAPASITAS PENYULUH/PETUGAS TEKNIS PERTANIAN MELALUI DIKLAT PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA CABE MERAH

Kategori : Pemerintahan Rabu, 04 September 2019

 

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang di bawah Bidang Penyuluhan menyelenggarakan Diklat peningkatan kapasitas tenaga penyuluh pertanian dalam teknologi budidaya cabe merah bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas Penyuluh/Petugas Teknis Pertanian, Selasa (3/9/2019).  

Foto. Fitrizal, SP Saat Memberikan Pengarahan terkait pentingnya penerapan teknologi pertanian pada tanaman cabe merah di Aula Penyuluhan.

 

Para peserta yang terdiri dari Penyuluh Pertanian Kota Sabang mendapat bimbingan terkait teknologi budidaya cabe merah oleh Fitrizal, SP  tentang pentingnya penerapan teknologi pertanian pada tanaman cabe merah.

Diklat Penyuluh Pertanian tersebut dibuka oleh Fakri, SE., MAP Selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Dalam arahannya, Fakri SE ., MAP menuturkan dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, para Penyuluh Pertanian harus menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi serta mampu menerapkannya di lapangan. Penyuluh Pertanian juga diharapkan mampu memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi pertanian yang lebih maju. 

Fakri SE.,MAP menambahkan, Diklat Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian ini diikuti oleh 25 Peserta yang terdiri dari 13 orang Penyuluh Pertanian, 6 orang Calon Penyuluh Pertanian (CPNS) dan 6 Staf di Bidang Penyuluhan.

Diklat peningkatan kapasitas tenaga penyuluh pertanian ini berlangsung selama 2 hari pada 3 September sampai 4 september 2019 bertempat di aula Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang dan dilanjutkan dengan Praktek Lapangan di lahan petani cabe di Gampong Cot Abeuk Kecamatan Sukajaya Kota Sabang.

 

Foto. Fitrizal, SP Saat Memberikan Pengarahan terkait Pentingnya Penerapan Teknologi pertanian pada tanaman cabe merah di lahan.

Foto. Fitrizal, SP Saat Memberikan Pengarahan terkait pentingnya penerapan teknologi pertanian pada tanaman cabe merah di lahan.

 

Muhammad Nurmansyah, SP Selaku Calon Penyuluh mengatakan, Kegiatan ini sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para calon penyuluh pertanian, sehingga nantinya kami para calon penyuluh pertanian siap dan memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas di lapangan serta mampu dalam memberikan wawasan berpikir secara komprehensif untuk pelayanan dan memecahkan permasalahan yang di hadapi petani di lapangan.