Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Menjaga Sabang Bebas Rabies

Kategori : Pemerintahan Jumat, 16 Agustus 2019

 

Sabang, (16 Agustus 2019). Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang melalui Kegiatan Pengendalian Populasi Hewan Pembawa Rabies dan Hama Babi melakukan pengendalian pada anjing liar yang ada di Kota Sabang. Kegiatan ini dilaksanakan di 6 Gampong pada 2 Kecamatan yang ada di Kota Sabang yaitu Kecamatan Sukajaya (Gampong Ie Meulee, Gampong Cot Ba'u dan Gampong Balohan) dan Kecamatan Sukakarya (Gampong Kuta Ateuh, Gampong Kuta Barat dan Gampong Kuta Timue).

Tujuan kegiatan tersebut diantaranya untuk menekan/mengurangi jumlah populasi anjing liar di Kota Sabang dan pengambilan sampel Hyppocampus, Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Peternakan Aceh dan Balai Veteriner Medan.

Rabies merupakan penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonosis, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan manusia ke hewan.

Berdasarkan Keputusan  Menteri Pertanian Nomor 363/kpts/Pk.320/5/2016 tanggal 31 Mei 2016 tentang Pulau Weh Kota Sabang Provinsi Aceh Bebas dari Penyakit Anjing Gila (Rabies), Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang melakukan pengawasan lalu lintas terhadap hewan pembawa rabies (anjing,kucing dan kera) pada 23 Juli sampai 31 Juli 2019 hal ini bertujuan untuk menekan perkembangan populasi anjing liar dalam rangka mencegah masuknya Penyakit rabies di Kota Sabang.

Melalui kegiatan Pengendalian Populasi Hewan Pembawa Rabies dan Hama Babi, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang dibantu Mahasiswa/i KKN Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah melakukan pengambilan hyppocampus anjing liar dan bekerja sama dengan UPTD Laboratorium Veteriner Dinas Peternakan Aceh dan Balai Vetriner Medan untuk melakukan uji histopatologi sebagai bukti bahwa Kota Sabang bebas akan penyakit rabies.

 

foto. drh. Desi Sartia Staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan sedang melakukan pengambilan sempel hyppocampus

drh. Desi Sartia Staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang memberikan himbauan kepada pemilik hewan pembawa rabies dan memiliki resiko rabies agar dapat memelihara hewan peliharaan dengan baik dan selalu mengontrol kesehatan hewan peliharaannya secara rutin dengan cara vaksinasi.