Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Jalan Produksi oleh Tim Dinas Pertanian dan Pangan Berjalan Lancar

Kategori : Pemerintahan Rabu, 07 Agustus 2019

Sabang, Rabu (7 Agustus 2019) tengah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi (monev) Pembangunan Jalan Produksi 2019 oleh Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dengan dibukanya akses jalan produksi ini diharapkan petani yang berada di kawasan Bango Gampong Paya Kecamatan Sukajaya bisa mengangkut hasil pertanian dari kebun ke pasar dengan mudah sehingga biaya yang dikeluarkan untuk transportasi bisa ditekan seminimal mungkin. Menurut warga sekitar Syahbudin, selama ini petani menjual hasil usaha kebun ke pasar dengan jumlah yang sedikit, jika jalan ini terbuka maka hasil kebun yang akan dijual ke pasar bisa jauh lebih banyak dan lancar. Syahbudin menambahkan apa yang dilakukan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang sangat membantu masyarakat terutama masyarakat Tani. 

Monev kali ini dilaksanaan dengan melihat langsung keadaan dilapangan sehingga hambatan dan kesulitan dilapangan dapat teratasi sedini mungkin.

Foto. Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang saat Monev di Bango Gampong Paya Kecamatan Sukajaya Sabang.

Menurut PP 39/2006, disebutkan bahwa Monitoring merupakan kegiatan rutin, sedang berjalan dan internal, dipergunakan untuk mengumpulkan informasi terhadap keluaran, hasil dan indikator yang akan dipergunakan untuk Mengevaluasi kinerja program. Evaluasi dilakukan secara periodik dan berkala, menganalisis data yang telah diperoleh dari Monitoring untuk memberikan penilaian atas pelaksanaan rencana, dan sebagai umpan balik periodik kepada pemangku kepentingan utama.

Foto. Pembukaan Jalan Produksi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang.

Marizal, S.Sos selaku PPTK Kegiatan DAK Jalan 2019 pada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Menjelaskan bahwa Monev ini merupakan tahap awal dan tidak terdapat permasalahan baik pada administrasi maupun dilapangan. beliau juga menambahkan bahwa target pembangunan jalan produksi ini sejauh 1 km, lebar 5 meter dan sudah terealisasi sejauh 700 meter.

 Foto. Pembukaan Jalan Produksi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang.

 

 

  Foto. Pembukaan Jalan Produksi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang.